YANG MENGHANCURKANMU DAN ORGANISASIMU


Gambar hanya ilusrasi


Subuh ini penulis melaksanakan shalat subuh berjam aah di Masjid Mujahidin di Jalan Belitung dan seperti biasanya setiap rabu subuh akan ada pengajian setelahnya dan kebetulan subuh kali ini yang bertindak sebagai penceramah adalah Ust. Ir. Fauzi Rahmani M. Pd. Dalam kajian kali ini penulis merasa sangat senang sebagai orang yang sedang meningkatkan diri untuk menjadi seorang pembelajar, karena apa ? karena kajian kali ini menurut hemat penulis up to date sekali dan tepat sebagai pengingat dan pencerah bagi umat.
Dalam kajian subuh kali inilah penulis mendapatkan inspirasi terkait judul yang penulis angkat kali ini yakni yang menghancurkanmu dan Organisasimu. Mungkin barangkali terlalu ekstrim sekali tema besar yang di angkat tapi inilah pilihan yang tepat menurut hemat penulis.

Ust. Fauzi mengatakan di tengah pembehasan beliu tentang LGBT dan banyaknya penyesatan pemikiran umat yang di lakukan baik itu oleh orang yang tersandarkan padanya seorang dai atau ulama, ataupun seorang akademisi yang bergelar professor. Beliau berujar ada 4 hal yang akan merusak agama Islam yakni “Orang berilmu tapi tidak mau mengamalkan, orang yang beramal tapi tanpa ilmu, Orang yang tidak tau ilmu tapi tidak mau bertanya, dan orang yang di sampaikan ilmunya tapi bersikeras”.

Sekarang penulis tidak akan membahas konteks tersebut dalam pemehaman agama melainkan penulis akan mengaitkan dalam konteks anda dan Organisasi anda. 2 hal terakhir penulis fikir sangat tepat jika di Tarik sebuah teori untuk berorganisasi. Menurut hemat penulis kenapa belakangan seolah – olah beroganisasi tidak lagi menjadi sesuatu yang membanggakan atau barangkali menjadi sesuatu yang menggembirakan ? itu terjadi jika penulis Tarik sebuah teori adalah sebagai berikut ?
-          Kurang Ilmu Organisasi tapi tidak mau belajar

Penulis sering berujar dalam setiap kali kesempatan berdiskusi bahwasanya seorang leader itu tidak di lahirkan tapi di bentuk dan pasti untuk menjadi seorang leader itu sangat pahit dan pedih. Kelemahan kita saat ini adalah kita berkeinginan untuk menjadi seorang leader atau barangkali kita di siapkan untuk menjadi seorang leader dalam sebuah organisasi yang penting kita menguasasi Organisasi tersebut atau barangkali yang penting orang saya (red latar belakang organsasi) yang berkuasa entah bagaimanapun nanti dalam proses perjalanannya. Dan penulis rasa dalam politik Kampus itu menjadi hal yang lumrah. Di luar itu sahabat, Organisasi adalah amanah dan setiap amanah akan di mintakan pertanggungjawabannya suatu saat nanti. Dalam kehidupan ini tidak ada yang dinamakan “TIDAK BISA”, yang ada itu adalah “TIDAK MAU” lebih tepatnya “TIDAK MAU BELAJAR”. Kenapa hal tersebut terjadi ? karenamindset yang penulis rasa kurang tepat memulai langkah memasuki organisas, padahal jika kita memulai langkah berorgansasi dengan kepentingan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berfikir ini adalah menjadi ladang pahala serta investasi masa depan maka penulis rasa tidak akan tidak berkembang anda dan organisasi anda. Tapi realitanya sudah kurang memahami mengurus organsasi juga tidak mau untuk belajar.

Penulis ingin katakan bahwa guru itu bukan di tunggu tetapi kita yang mencari guru.

-          Diberi masukan oleh orang lain namun bersikeras hati
Hal kedua yang penulis rasa sangat berpengaruh dengan tidak berkembangnya anda dan organisasi anda adalah sulitnya anda di berikan masukan oleh orang di sekitar anda.
“aku cerewet karena aku peduli sama kamu, aku gak mau terjadi apa-apa sama kamu” pernahkah anda mendengar kalimat tersebut. Penulis rasa bagi anda yang pernah merasakan kasmaran anda akan pernah mendengarkan hal tersebut.

Kekurangan kita rata-rata adalah lebih banyak berujar daripada mendengar. Padahal jika seandainya kita sebagai seorang organisatoris mau mendengar setiap masukan yang di berikan kepada kita entah itu baik kah cara penyampaiannya ataupun dengan kasar maka penulis rasa tingga individu kita saja yang memilah milih yang mana menjadi masukan yang baik atau tidak.
                              
Sahabat, mari bangun mindset organsasi anda untuk mau belajar dan mau menjadi seorang pendengar karena tanpa anda demikian maka hal tersebutlah YANG MENGHANCURKANMU DAN ORGANISASIMU

@el_mas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard