TIDAK MUDAH MENJADI GURU


Pernahkah anda mendengar Istilah “Guru Kencing Berdiri murid kencing berlari”. Ini adalah sebuah sindirran untuk kita semua yang notabennya seseorang yang di harapkan saling menasehati satu sama lain sehingga kekeliruan antar sesame khususnya sesame muslim dapat berkurang.

Pada hari Ahad, 13 January 2018 penulis berkesempatan untuk berdiskusi Bersama mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Dalam diskusi tersebut salah satu peserta diskusi sebut saja “BELLA” berujar bahwa ciri-ciri orang munafik ada tiga yakni apabila dia berkata dia dussta, apabila dia berjanji dia ingkar, dan apabila dia di beri amanah dia khianat. Dan ketika itu juga penulis merasa tergetar, dan benar realita di lapangan juga seperti demikian.

Banyak sekali realita dunia Pendidikan hari ini, baik itu formal atau tidak formal yakni sang Pendidikan terlebih lagi adalah etika, moral, dan Akhlak. Contohnya adalah etika sang pengajar bisa memberikan penjelasan terkait etika, namun sang guru sendiri yang tidak mampu merealisasikannya dalam bentuk keseharian. Contoh dalam sebuah Institusi yang Islami, dimana mengajarkan tentang etika makan dan minum namun terkadang sang pendidik sendiri yang tidak merealisasikan sendiri apa yang di sampaikan. Padahal tenaga pendidik adalah role model yang di didik. Bagaimana mereka yang didik bisa berilmu dan merealisasikan ilmu jika ada diantara tenaga pendidik sendiri tidak bisa menjadi contoh.

Namun, menurut hemat penulis itu bukan alasan untuk kita sebagai pencari ilmu untuk tidak mengimplementasikan pemahaman yang sudah di ajarkan oleh sang Guru. Jika kita ingin merubah Negeri ini tidak perlu menunggu orang lain namun di mulai dari anda sebagai penggerak dan teladan. Jadikan diri kita sebagai role model terhadap generasi selanjutnya.


@el_mas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard