1 – 99 BERUSAHALAH, URUSAN HASIL NOMOR 100



Sebuah kalimat yang penulis dulu ketika Muktamar IMM di DKI Jakarta bahwa kalimatnya “1-99 Berusahalah, Urusan Hasil Nomor 100” kurang lebih seperti itulah. Dan rasanya memang itu yang seharusnya kita tanamkan dalam mindset berfikir kita yang cenderung khawatir akan hasil yang buruk terlenbih dahulu di awal.

Dalam realita kehidupan kita sebagai hamba yang meyakinkan diri bahwa allah itu maha luas kekuasaan dan juga rasa kasihnya, secara tidak langsung meragukan itu semua dalam apa yang telah kita yakini. Sebagian besar kita danBarang kali termasuk penulis juga seringkali melihat jauh akan kegagalan dan juga masalah yang akan di hadapi di depan ketika kita memiliki gagasan bahkan seringkali gagasan itu think out of the box yang lingkugan sekitar masih belum memikirkan bahkan tidak terfikirkan. Dimana kita cenderung menisbatkan kalimat “tidak mungkin” di awal gagasan tersebut kita munculkan.
Dan malam ini sebuah gagasan yang cukup besar akan penulis a/n Laili Masruri akan canangkan dan penulis yakin ide dan gagasan ini adalah gagasan yang tidak semua orang memikirkan dalam ruang lingkup sosial penulis hari ini. Penulis akan berikhtiar sekuat tenaga untuk menyelenggarakan “SEKOLAH ORGANISASI”. Agenda ini adalah selain merupakan sebuah program kerja yang penulis canangkan dalam kepengurusan PC IMM Kota Banjarmasin, ini juga merupakan visi penulis pribadi dalam melahirkan generasi yang lebih baik ke depan. Di satu sisi penulis merasa kurang pantas juga untuk menularkan virus kemajuan yang di satu sisi penulis juga masih belum bisa di katakan seorang yang berkemajuan dalam segala aspek. Namun jika itu terus menjadi penghalang maka penulis tidak akan bisa merealisasikan misi berbagi dan menyiapkan generasi muda tersebut dalam sisa umur penulis.

SEKOLAH ORGANISASI
Program ini adalah program yang penulis gagas dalam rangka meyiapkan generasi muda terutama kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dimana tempat penulis bernaung. Apa alasan utama dari agenda ini ? alasan utama adalah ingin menumbuhkan semangat driver mentality. Kenapa harus bermental supir ? kami kutip dari pernyataan Rhenald Kasali dalam salah satu karya tulisnya bahwa seorang supir yang menentukan bagaimana mobil itu melaju, dan jalan mana yang di lalui untuk mencapai tujuannya. Beda halnya dengan passanger Mentality meraka cenderung menjadi karakter yang terima beres tidak ada upaya dan usaha dalam menjalani kehidupan. Bayangkan seorang penumpang dia bebas untuk tidur, untuk bermain hanphine, tanpa memperdulikan seberapa berat setir, rem, gas, dan kopling mobil menghadapi macetnya jalanan Kota. Dan mental seperti itu yang nantinya membuat kebanyakan dari kita menjadi pengikut orang lain, bukan menjadi pilot project masa depan. Itu yang tidak menjadi keinginan penulis. Anak muda harus kritis dalam bersikap, anak muda tidak boleh banyak alasa, dan anak muda harus berani menyampaikan gagasan keilmuannya. Jangan sampai ketika memiliki kapasitas keilmuan karena menjadi seorang yang bermental penumpang, akhirnya keilmuan yang dimiliki tidak terakan oleh masyarakat karena faktor malu tadi.
Selain hal tersebut di atas juga, penulis berharap SEKOLAH ORGANISASI ini menjadi sebuah momentum untuk mengahasilkan sebuah karya intelktual yang akan di kenang oleh seluruh kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Kalimantan Selata bahwa 25 tahun lalu ada kader IMM yang memiliki pilot project keintelktualan yang menjadi rujukan seluruh Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di masa yang akan datang.

Apakah ini akan berhasil ? tentu akan 50:50 karena di satu sisi culture sosial yang ada masih belum mendukung akan adanya hal tersebut. Tapi paling tidak ini mampu menjadi senuah awal untuk memberntuk culture tersebut. Dan satu catatan penulis kepada peserta yang munkin sempat terbaca dengan tulisa ini bahwa “selama proses ini yang di butuhkan adalah komitment dan keistiqamahan untuk mejadi seorang pembelajar.
Sahabat laksanakanlah selama itu baik dan tidak bertentangan dengan lingkugan dan hukum, karena apa ?  1-99 Berusahalah, urusan hasil nomor 100.  Dan semoga keistiqmahan ini kelak akan menghasilkan sebuah kader pilihan yang akan mampu menjalankan semua impian dan harapan penulis selama ini.
Banjarmasin 23 Februari 2018

@el_mas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard