MULAILAH DENGAN CINTA



Penulis masih ingat sekali Ucapan Pak Samijo guru Sekolah Dasar penulis bahwa “rambut boleh sama hitam, namun pemikiran pasti berbeda”. Maka berangkat dari situlah akhirnya penulis mulai memikirkan kalimat tersebut dengan memaknainya. Dan benar rupanya hal itu sering terjadi dalam masalah Organisasi yakni berupa perbedaan dalam berfikir dan memberikan gagasan dan ide.
Terlepas dalam hal tersebut di atas, ada hal fundamental yang perlu menjadi sebuah catatan, yaitu ”pemimpin itu tidak di lahirkan, tapi di bentuk” maka salah satu hal penting yang harus di miliki oleh seorang calon pemimpin adalah mau berkorban untuk membentuk diri menjadi seorang pemimpin.
Proses pembentukan karakter seorang leader itu tidak dapat dengan instan, jika di paksa secara instan maka akan menghasilkan sesuatu yang keluar dari koridornya. Memang dalam proses berkepemimpinan itu sambal jalan sambal beljar adalah hal yang baik namun menurut hemat penulis itu akan memperlambat dinamika gerakan dalam organisasi tersebut karena yang seharusnya gerakan sudah ada tapi harus beljar dulu di tengah dahaga aksi yang harusnya di laksanakan.
Banyak resiko yang akan di rasa ketika leader itu lahir secara instan, salah satunya adalah hal tersirat yang penulis sampaikan di atas, yakni perbedaan pola berfikir dan beride dimana akana berdampak buruk terhadap organisasi.
Jika hal itu terjadi, maka bukan tidak mungkin pengurus hanya sibuk mengurus anggota bukan membuat prestasi. Maka hal ini akan menjadi sebuah boomerang dalam organisasi tersebut yakni anggota akan perlahan merasa tidak nyaaman dan bukan tidak mungkin akan mengurangi kuantitas anggota Organisasi, sefdangkan kita tahu kuantitas adalah sebuah hal yan gpenting dalam sebuah organisasi.
Di tengah mundurnya anggota dalam berorganisasi maka akan menjadi sebuah tanggungjawab Bersama di karenakan kader baru adalah tonggak estafet kepempinan di masa datang. Maka jika tidak di tangani dengan cepat maka akan menjadikan konflik yang Panjang dan akan merusak stabilitas masa depan Organisasi tersebut.
Beberapa hal yang barangkali penulis dapat berikan masukan ketika hal tersebut terjadi adalah :
1.      Jadilah seorang leader pendengar
2.      Untuk anggota yang mulai turun semangat organisasinya maka lakukan pendekatan secara hati ke hati agar mereka merasa di miliki dan memiliki di organisasi tersebut
3.      Lepaskan egoisme diri dalam bersikap dan selalu meminta saran dan masukan dengan sesame anggota
4.      MULAILAH SEMUA DENGAN CINTA TERHADAP ORGANISASI ANDA







@el_mas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard